Fasst Furiouss
Kiichiro
Toyoda - Pendiri Toyota. Toyota
dapat dikatakan sebagai sebuah ikon penting yang selalu dikaitkan dengan negeri
matahari terbit, Jepang
Kiichiro Toyoda anak dari seorang pengusaha industri penenunan, juga
seorang tokoh Jepang terkemuka bernama Sakichi Toyoda. Atas gagasan Kiichiro
lah, haluan industri penenunan milik sang ayah diubah menjadi industri
kendaraan, hingga mencapai keberhasilan.
. Orang penting di balik keberhasilan industri mobil
Sakichi
Toyoda sendiri adalah seorang penemu dan industrialis terkemuka di Jepang.
Jenis mesin penemuannya yang terkenal adalah mesin tenun otomatis yang langsung
dapat berhenti (disebut jidoka) jika terdapat kerusakan atau masalah.
Prinsip yang terdapat pada mesin jidoka kemudian dipakai juga pada
industri mobil yang dikembangkan oleh Kiichiro. Sakichi Toyoda mempunyai
keturunan yang meneruskan industri yang telah dirintisnya. Hanya saja,
keturunan Sakichi yang mengembangkan industri mobil Toyota , dimulai dari sang anak, Kiichiro.
894 – 27 Maret 1952), seorang pengusaha terkemuka Jepang.
Kiichiro
Toyoda - Pendiri Toyota. Toyota
dapat dikatakan sebagai sebuah ikon penting yang selalu dikaitkan dengan negeri
matahari terbit, Jepang
Kiichiro Toyoda anak dari seorang pengusaha industri penenunan, juga
seorang tokoh Jepang terkemuka bernama Sakichi Toyoda. Atas gagasan Kiichiro
lah, haluan industri penenunan milik sang ayah diubah menjadi industri
kendaraan, hingga mencapai keberhasilan.
. Orang penting di balik keberhasilan industri mobil
Sakichi
Toyoda sendiri adalah seorang penemu dan industrialis terkemuka di Jepang.
Jenis mesin penemuannya yang terkenal adalah mesin tenun otomatis yang langsung
dapat berhenti (disebut jidoka) jika terdapat kerusakan atau masalah.
Prinsip yang terdapat pada mesin jidoka kemudian dipakai juga pada
industri mobil yang dikembangkan oleh Kiichiro. Sakichi Toyoda mempunyai
keturunan yang meneruskan industri yang telah dirintisnya. Hanya saja,
keturunan Sakichi yang mengembangkan industri mobil Toyota , dimulai dari sang anak, Kiichiro.
894 – 27 Maret 1952), seorang pengusaha terkemuka Jepang.
Mulanya, seluruh
mobil yang diproduksi oleh TMC akan diberi merek dengan nama Toyoda, sesuai
dengan nama keluarga para pendirinya. Hal ini diperkuat dengan logo perusahaan
sebagai pemenang sayembara pembuatan logo tahun 1936, yang menuliskan nama
‘Toyoda’ dalam satu lingkaran.
Akan tetapi, perkembangan selanjutnya dipilih
nama Toyota
karena alasan lebih sederhana dan ada salah satu anggota keluarga pendirinya
yang menikahi seseorang di luar keluarga Toyoda. Dengan demikian, ketika
perusahaan ini resmi didirikan tahun 1937, dikenal dengan nama TMC, Toyota
Motor Companies.
Selain itu, perubahan nama tersebut memberikan
keuntungan penting pada TMC, karena ‘Toyoda’ berarti ‘tanaman padi yang subur’,
membedakannya dengan sebuah perusahaan pertanian dalam benak orang yang
mendengarnya.
Pada
kenyataannya, operasional TMC dimulai sekitar tiga hingga empat tahun sejak
perusahaan tersebut didirikan secara resmi tahun 1937, dengan dibuatnya jenis
mobil penumpang pertama pada industri mobil tersebut.
TMC terdiri atas
beberapa anak perusahaan, yaitu Toyota
(sendiri dan termasuk mobil dengan merek Scion), Lexus, Daihatsu, dan Hino
Motors. Selain itu juga, terdapat beberapa anak perusahaan non-kendaraan
bermotor (mobil), seperti jasa layanan keuangan dan industri robotika.
TMC dapat dikatakan sebagai salah satu
perusahaan konglomerasi terbesar di dunia. Kiichiro berhasil mewujudkan
industri impiannya, yang kemudian diteruskan secara turun-temurun kepada anak
cucunya.
Ia berhasil
menjunjung lima
prinsip dasar yang dianut dalam perusahaannya tersebut, yaitu challenge
(tantangan), improvement (pengembangan), go and see (terbuka), respect (saling
menghormati), dan teamwork (kerja sama), menjadi sebuah industri kendaraan
bermotor raksasa dunia.
Sakichi Toyoda
bermimpi untuk mendirikan industri kendaraan bermotor yang dikenal tidak hanya
di jepang. Impiannya tersebut berhasil diwujudkan oleh sang anak, Kiichiro
Toyoda hingga tahun 1952.
Pada tahun tersebut Kiichiro meninggal
sehingga tampuk kepemimpinan TMC dialihkan kepada seorang kepercayaannya yang
juga saudara sepupu Kiichiro, yaitu Eiji Toyoda. Ia dipercaya karena berhasil
mengembangkan mobil mewah yang diberi nama dengan ‘Lexus’.
Kiichiro
memiliki tiga orang keturunan, dua orang anak laki-laki dan satu orang cucu
laki-laki. Dua dari tiga keturunannya tersebut ikut serta dalam konglomerasi
perusahaan kendaraan bermobil TMC, yaitu Shoichiro Toyoda (anak) dan Aikio
Toyoda (cucu); Aikio adalah anak laki-laki Shoichiro.
Shoichiro memegang tampuk kepemimpinan TMC
tahun 1982 dan 1992. Sementara Aikio akan memegang tampuk kepemimpinan tersebut
tahun 2009.
Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada
akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan
kendaraan tersebut pada tahun 1769. Peningkatan mesin uap paling dikenal
dikembangkan di Birmingham ,
Inggris oleh Lunar Society. Di Birmingham pun mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di
Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan
kepada Oliver Evans pada 1789. Pada tahun 1804 Evans
mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga merupakan kendaraan amfibi pertama
yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air
menggunakan roda padel.
Baron Karls Drais von
Sauerbronn atau Karl Drais lahir pada tanggal 29 April 1785 di
Karlsruhe, Jerman, tercatat sebagai penemu sepeda yang pertama. Drais
berhasil melakukan terobosan penting,yang ternyata merupakan peletak dasar
perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi
hingga akhirnya mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. bentuknya
sepeda beroda tiga, bentuk awal dari sepeda, namun tanpa pedal.
sebab dari
penemuannya adalah adanya anomali iklim 1816, Tahun tanpa musim panas di
sebabkan karena letusan maha dahsyat Gunung Tambora di Indonesia menyebabkan
transportasi di Eropa terganggu akibat kegagalan panen dan kelaparan kuda, dan
inilah penyebab dari penemuan Drais 'dari sepeda beroda tiga tersebut
Pada tanggal 12
Januari 1818, Drais
Sepeda
motor kini mungkin menjadi salah satu alat trasportasi yang paling diminati di
dunia khususnya di Indonesia .
Coba kalian perhatikan di jalan raya, begitu banyak sepeda motor yang melintas
atau yang sedang antre saat lampu merah sedang menyala.
Tahukah
kalian darimana asalnya sepeda motor, siapa-siapa saja yang berperan dalam
perkembangan sepeda motor dan bagaimana sejarahnya hingga sepeda motor masuk ke
Indonesia ?
Pada
tahun 1885 seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm
Maybach menjadi perakit motor pertama kali di dunia. Daimler memasangkan mesin
empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di
tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke
roda belakang. Kemudian sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding
car).
ada
waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak. Sampai pada
tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich ,
Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh
Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum
dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman
pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk
as (crankshaft).
Pada
tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota New York .
Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di
Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya
Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah
motorcycle (sepeda motor).
Pada
tahun yang sama, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris
memutuskan untuk membuat sepeda motor. Empat tahun sesudahnya, 1902, perusahaan
itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih menggunakan mesin dari
Belgia. Kemudian pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh
sendiri.
Tahun
1903, William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda
motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley
Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle
Manufacturing Company, yang berlokasi di Springfield ,
Massachusetts ,
muncul dengan sepeda motor Indian Single.
Kemudian
sampai Perang Dunia I (1914-1918), perusahaan ini menjadi pabrik sepeda motor
dengan produksi yang terbesar di dunia. Indian Motorcycle Manufacturing Company
tutup pada tahun 1953 dan merek Indian diambil alih ole
Setelah
Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang memproduksi sepeda motor
terbesar di dunia adalah Harley Davidson. Pada tahun 1921, sepeda motor BMW
hadir dengan roda belakang yang digerakkan menggunakan koppel (shaft drive).
Pada tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, di antaranya
Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal,
seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood.
Perkembangan
sepeda motor di Eropa, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di mana
sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. Seusai Perang Dunia II, tahun
1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung
menarik perhatian dunia.
Pada
tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah. Namun,
suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar
dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah.
Tahun
1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen
sepeda motor terbesar di dunia. Kemudian kedudukan BSA diambil alih oleh NSU
(Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga kini, Honda tercatat
sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.
Tahun
1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub.
Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal
Jepang lainnya seperti Kawasaki ,
Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini.
Sosok
yang menarik, mesin yang handal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing
membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki,
sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia. Namun,
nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda motor yang populer,
terutama di Amerika Serikat. Demikian juga dengan BMW, Triumph, dan Ducati.
Sepeda
motor pertama kali masuk ke Indonesia
pada tahun 1893. Sepeda motor tersebut dibeli oleh John C Potter, seorang
masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Ia memesan sendiri
sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen.
Nah,
sekarang kalian jadi tahu kan
sejarah sepeda motor di dunia. Bagaimana dengan sejarah transportasi jenis
lainnya? Ayo jelajahi lagi website ini yah…
Dari berbagai sumberSejarah Ditemukannya Sepeda Motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar